Aung San Suu Kyi? Presiden Myanmar?

Jumat, 6 Juni 2013 08:40 WIB



Ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi



Pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi bicara secara gamblang mengenai keinginannya untuk menjadi presiden. Ikon demokrasi Myanmar itu tak ingin menutup-nutupi soal niatnya tersebut.

"Saya ingin mencalonkan diri menjadi presiden dan saya cukup terang-terangan soal ini," ujar Suu Kyi dalam pertemuan World Economic Forum di Naypyidaw, Myanmar hari ini.

"Jika saya berpura-pura bahwa saya tak ingin menjadi presiden, maka berarti saya tidak jujur dan saya lebih baik jujur pada rakyat saya daripada sebaliknya," tutur wanita peraih Nobel Perdamaian itu seperti dilansir CNN, Kamis (6/6/2013).

Dalam forum tersebut, Suu Kyi juga menyinggung tentang masa kepresidenan Thein Sein yang telah berlangsung dua tahun. Menurutnya, mayoritas warga Myanmar belum merasakan manfaat reformasi yang dijanjikan pemerintahan Thein Sein. WOW! Aung San Suu Kyi benar benar menjanjikan perubahan.

"Jika Anda bicara dengan orang di jalanan, jika Anda bicara pada warga di desa-desa, mayoritas dari mereka akan mengatakan bahwa hidup mereka belum berubah sejak tahun 2010," tutur Suu Kyi.

"Rakyat ingin merasa bahwa mereka diikutsertakan dalam proses perubahan," kata Suu Kyi kepada panel di forum tersebut.

"Dan itu tak ada hubungannya dengan jumlah mobil yang sekarang Anda lihat di Yangon ataupun jumlah majalah yang bisa Anda beli, karena sebagian besar rakyat kami tak punya akses ke itu semua," tandasnya.

Jadi, akankah Aung San Suu Kyi dengan nafas demokrasinya mampu meraih jabatan sebagai Presiden di Myanmar??? Layak ditunggu!!


Sumber : detik.com
Editor : Anthony Timothy Susanto

0 komentar:

Posting Komentar